Powered By Blogger

Selasa, 27 Maret 2012

BAB 6. Franchising


Franchising
Franchisor  (pemilik Franchiasing ) memberi wewenang  kepada operator hak untuk mendistribusikan, teknik, dan mengggunakan merek dagang dengan membayar persentase dari gross penjualan bulanan dan fee royalti.
Berbagai tangible dan intangible seperti nasional atau internasional advertaising, training  dan jasa dukungan lain disediakan  oleh franchisor.

Kesepakatan yang dibuat biasanya   selama  lima sampai dengan  tigapuluh tahun.
Pembatalan prematur atau penghentian dari  kontrak melahirkan konsekwensi yang  serius untuk franchisees (penerima /pihak yang diberiwewenang) .
Franchise "istilah" digunakan untuk menjelaskan sistem bisnis yang mungkin atau tidak jatuh ke dalam definisi hukum yang disediakan di atas. Misalnya, operator mesin penjual otomatis bisa menerima waralaba untuk jenis tertentu dari vending mesin, termasuk merek dagang dan royalti, namun tidak ada metode melakukan bisnis. Hal ini disebut "produk franchise" atau "nama dagang waralaba”
Pembatalan waralaba A atau penghentian perjanjian waralaba sebelum penyelesaian kontrak memiliki konsekuensi serius bagi franchisee. persyaratan perjanjian Franchise biasanya berakibat pada hilangnya biaya tenggelam dari pemilik waralaba pertama yang membangun unit fisik yang bermerek dan sewa nama merek, merek, dan rencana bisnis dari franchisor jika waralaba tersebut dibatalkan atau dihentikan untuk alasan apapun sebelum berakhirnya jangka waktu kontrak seluruh
History
         Waralaba  mulai dikenal setidaknya tahun 1850-an; Isaac Singer, yang membuat perbaikan model yang ada mesin jahit, ingin meningkatkan distribusi dari mesin jahit. upaya-Nya, meskipun tidak berhasil dalam jangka panjang, merupakan salah satu usaha waralaba pertama di Amerika Serikat. Contoh kemudian dari waralaba adalah s berhasil John S. Pemberton 'waralaba Coca-Cola Awal contoh Amerika termasuk sistem telegraf, yang dioperasikan oleh perusahaan kereta api berbagai tetapi dikendalikan oleh Western Union , dan perjanjian eksklusif antara produsen mobil. model dan operator dealer lokal. Sebelumnya produk waralaba atau biaya royalti yang dikumpulkan berdasarkan produk dan bukan pada penjualan kotor operasi bisnis dari franchisee.
Modern waralaba datang menjadi terkenal dengan munculnya perusahaan makanan waralaba yang berbasis layanan. Tren ini dimulai sebelum 1933 dengan restoran cepat saji seperti A & W Root Beer. [4] Pada tahun 1935, Howard Deering Johnson bekerjasama dengan Reginald Sprague untuk mendirikan waralaba restoran modern pertama. Idenya adalah untuk membiarkan operator mandiri menggunakan nama yang sama, makanan, persediaan, logo dan bahkan membangun desain sebagai pertukaran untuk
Pertumbuhan waralaba mengambil uap di tahun 1930-an ketika seperti rantai sebagai Howard Johnson mulai franchise motel [7] 1950-an melihat ledakan rantai waralaba dalam kaitannya dengan pengembangan sistem jalan raya Amerika Serikat antar.. Restoran cepat [8] makanan, pengunjung restoran dan motel rantai meledak. Dalam kaitan dengan rantai waralaba kontemporer, McDonald's adalah unarguably di seluruh dunia yang paling sukses dengan unit restoran lebih dari jaringan waralaba lainnya.The growth in franchises picked up steam in the 1930s when such chains as Howard Johnson's started franchising motels.[7] The 1950s saw a boom of franchise chains in conjunction with the development of the U.S. interstate highway system.[8] Fast food restaurants, diners and motel chains exploded. In regard to contemporary franchise chains, McDonald's is unarguably the most successful worldwide with more restaurant units than any other franchise network.
Menurut Waralaba di Ekonomi,, 1991-1993 sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Louisville, waralaba membantu untuk memimpin Amerika keluar dari krisis ekonomi yang pada saat itu [9] Waralaba. Adalah sebuah model bisnis unik yang telah mendorong pertumbuhan waralaba formula rantai unit karena franchisor mengumpulkan royalti atas penjualan kotor dari unit dan bukan pada keuntungan. Sebaliknya, ketika pekerjaan yang baik hilang dalam perekonomian, waralaba mengambil karena franchisee potensial mencari untuk membeli danuntuk mendapatkan pekerjaan According to Franchising in the Economy, 1991-1993, a study done by the University of Louisville, franchising helped to lead America out of its economic downturn at the time.[9]Franchising is a unique business model that has encouraged the growth of franchised chain formula units because the franchisors collect royalties on the gross sales of these units and not on the profits. Conversely, when good jobs are lost in the economy, franchising picks up because potential franchisees are looking to buy jobs and to earn
         keuntungan dari pembelian hak waralaba. Manajer Amerika Serikat Small Business Administration's Franchise Registry menyimpulkan bahwa waralaba ada terus tumbuh dan yang waralaba tumbuh dalam perekonomian nasional.
         Waralaba adalah sebuah model bisnis yang digunakan di lebih dari 70 industri dan yang menghasilkan lebih dari $ 1 triliun pada penjualan di AS setiap tahunnya. [11]profits from the purchase of franchise rights. The manager of the United States Small Business Administration's Franchise Registry concludes that franchising there is continuing to grow and that franchising is growing in the national economy. [10]
         Franchising is a business model used in more than 70 industries and that generates more than $1 trillion in U.S. sales annually.[11]

Businesses   for which franchising works best
Bisnis waralaba yang dikatakan karya terbaik memiliki karakteristik berikut:
         Bisnis dengan track record yang baik dari profitabilitas.
         Bisnis dibangun di sekitar konsep yang unik atau tidak biasa.
         Bisnis dengan daya tarik geografis yang luas.
         Bisnis yang relatif mudah dioperasikan.
         Bisnis yang relatif murah untuk beroperasi.
         Bisnis yang mudah diduplikasikan



Advantages
         Waralaba adalah salah satu cara yang tersedia untuk mengakses modal investasi tanpa harus melepaskan kontrol dalam proses. Setelah merek mereka dan formula secara cermat dirancang dan dilaksanakan dengan baik, pemilik waralaba dapat berkembang cepat di seluruh negara dan benua dengan menggunakan modal dan sumber daya waralaba mereka, dan dapat memperoleh keuntungan sepadan dengan kontribusi mereka terhadap masyarakat.
         Selain itu, pemilik waralaba dapat memilih untuk leverage franchisee untuk membangun jaringan distribusi

Legal considerations
         Franchisor adalah terbebas dari banyak tugas duniawi yang diperlukan untuk memulai sebuah outlet baru, seperti mendapatkan lisensi yang diperlukan dan izin. Dalam beberapa yurisdiksi, ijin tertentu (terutama lisensi alkohol) lebih mudah diperoleh berbasis lokal, pemilik-operator pemohon jenis sedangkan perusahaan-perusahaan berbasis di luar wilayah hukum (dan terutama jika mereka berasal dari negara lain) sulit bahkan tidak mungkin untuk mendapat izin tersebut diberikan kepada mereka secara langsung. Untuk alasan ini, hotel dan restoran yang menjual rantai alkohol tidak memiliki pilihan yang tetapi untuk waralaba jika mereka ingin memperluas ke negara bagian atau provinsi
         The franchisor is relieved of many of the mundane duties necessary to start a new outlet, such as obtaining the necessary licenses and permits. In some jurisdictions, certain permits (especially alcohol licenses) are more easily obtained by locally based, owner-operator type applicants while companies based outside the jurisdiction (and especially if they originate in another country) find it difficult if not impossible to get such licences issued to them directly. For this reason, hotel and restaurant chains that sell alcohol often have no viable option but to franchise if they wish to expand to another state or province.
Operational considerations
         Pemegang waralaba (Franchiesee) yang dikatakan memiliki insentif yang lebih besar dari karyawan langsung untuk menjalankan usaha mereka berhasil karena mereka memiliki kepentingan langsung dalam operasi itu. Kebutuhan franchisor untuk meneliti erat hari ke hari operasional franchisee (dibandingkan dengan outlet milik langsung) sangat berkurang.Franchisees are said to have a greater incentive than direct employees to operate their businesses successfully because they have a direct stake in the operation. The need of franchisors to closely scrutinize the day to day operations of franchisees (compared to directly-owned outlets) is greatly reduced.

Quick start
Seperti yang dipraktikkan di ritel, waralaba waralaba menawarkan keuntungan dari memulai bisnis baru dengan cepat berdasarkan merek dagang dan formula terbukti melakukan bisnis, sebagai lawan harus membangun bisnis baru dan merek dari awal (seringkali dalam menghadapi persaingan yang agresif dari franchise operator). Sebuah waralaba yang dikelola dengan baik akan menawarkan bisnis turnkey: dari pemilihan situs untuk menyewakan negosiasi, pelatihan, bimbingan dan dukungan yang berkelanjutan serta persyaratan hukum dan pemecahan masalah.As practiced in retailing, franchising offers franchisees the advantage of starting up a new business quickly based on a proven trademark and formula of doing business, as opposed to having to build a new business and brand from scratch (often in the face of aggressive competition from franchise operators). A well run franchise would offer a turnkey business: from site selection to lease negotiation, training, mentoring and ongoing support as well as statutory requirements and troubleshooting.
Expansion
         Dengan bantuan keahlian yang disediakan oleh franchisor, para franchisee mampu membawa bisnis waralaba mereka ke tingkat yang mereka tidak akan mampu tanpa bimbingan ahli dari franchisor
Training
         Franchisor seringkali menawarkan Frachaisee pelatihan yang signifikan, yang tidak tersedia secara gratis untuk individu memulai bisnis mereka sendiri. Meskipun pelatihan tidak gratis untuk franchisee, keduanya didukung melalui biaya waralaba tradisional yang franchisor mengumpulkan dan disesuaikan dengan bisnis yang sedang dimulai
Disadvantages
Untuk franchisor
         Terbatas pada lingkup franchisee layak
Dalam setiap kota atau wilayah hanya akan ada kolam terbatas orang-orang yang memiliki dua sumber daya dan keinginan untuk mendirikan waralaba di industri tertentu, dibandingkan dengan kolam individu yang akan mampu menguasai secara langsung mengelola outlet yang dimiliki
         Kontrol
Sukses waralaba menuntut proses pemeriksaan lebih berhati-hati ketika mengevaluasi jumlah terbatas franchisee potensial dari yang diperlukan untuk menyewa seorang karyawan langsung. Seorang manajer tidak kompeten dari outlet yang dimiliki secara langsung-dapat dengan mudah diganti, sementara terlepas dari hukum lokal dan kesepakatan di tempat menghapus suatu franchisee yang tidak kompeten jauh lebih sulit. franchisee yang tidak kompeten dengan mudah dapat merusak goodwill publik terhadap merek franchisor dengan menyediakan barang dan jasa inferior. Jika franchisee dikutip untuk pelanggaran hukum, (s) ia mungkin akan menghadapi konsekuensi hukum sendiri, tetapi reputasi franchisor masih bisa rusak.
Untuk franchisee
Kontrol
Untuk waralaba, kelemahan utama waralaba adalah hilangnya kontrol. Sementara mereka mendapatkan penggunaan sistem, merek dagang, bantuan, pelatihan, pemasaran, franchisee diharuskan untuk mengikuti sistem dan mendapatkan persetujuan untuk perubahan dari pemilik waralaba. Untuk alasan ini, franchisee dan pengusaha sangat berbeda. Amerika Serikat Kantor Advokasi dari SBA menunjukkan bahwa franchisee "hanyalah sebuah investasi bisnis sementara di mana ia mungkin salah satu dari beberapa investor selama masa waralaba. Dengan kata lain, ia adalah" menyewa atau leasing "kesempatan, tidak "membeli bisnis untuk tujuan kepemilikan benar." [13] Selain itu, "Pembelian franchise terdiri dari kedua nilai intrinsik dan nilai waktu. waralaba adalah aset membuang-buang karena istilah terbatas: franchisor hanya berkewajiban untuk memperbarui waralaba jika memilih untuk kontrak untuk kewajiban bahwa."


Price
         Memulai dan menjalankan bisnis waralaba membawa beban. Dalam memilih untuk mengadopsi standar yang ditetapkan oleh franchisor, franchisee seringkali tidak memiliki pilihan lebih lanjut untuk signage, bengkel pemasangan, seragam dll waralaba mungkin tidak diizinkan untuk sumber alternatif lebih mahal. Ditambahkan untuk itulah biaya waralaba dan royalti yang berkelanjutan dan kontribusi iklan. Kontrak tersebut juga dapat mengikat franchisee untuk perubahan seperti yang diminta oleh pemilik waralaba dari waktu ke waktu. (Sebagaimana diwajibkan untuk dilaporkan dalam dokumen pengungkapan negara dan perjanjian waralaba di bawah Peraturan Waralaba
Conflicts
         franchisor / franchisee hubungan dengan mudah dapat menyebabkan konflik jika kedua sisi tidak kompeten (atau bertindak dengan itikad buruk). Sebuah waralaba yang tidak kompeten dapat menghancurkan franchisee dengan gagal untuk mempromosikan merek dengan benar atau dengan meremas terlalu agresif untuk keuntungan. Franchise kesepakatan kontrak secara sepihak atau kontrak adhesi dimana syarat kontrak umumnya menguntungkan franchisor ketika ada konflik dalam hubungan. [15] Selain itu, hukum penerbitan website Nolo.com mencatatkan Kurangnya "Hukum Daya" sebagai salah satu dari Sepuluh Alasan Baik Tidak untuk Beli Franchise:
Event franchising
         Event waralaba adalah duplikasi acara-acara publik di daerah geografis lain, sementara tetap mempertahankan merek asli (logo), misi, konsep dan format acara. Seperti di klasik waralaba, acara waralaba dibangun di atas justru berhasil menyalin kejadian. Contoh yang baik acara waralaba World Economic Forum, atau hanya forum Davos yang telah franchisee event regional di Cina, Amerika Latin dll Demikian pula, mengubah-globalis Forum Sosial Dunia telah meluncurkan kegiatan nasional banyak.

6 komentar:

  1. bu, di atas kan di tulis pada tahun 1991-1993bisnis waralaba itu membantu perekonomian dalam US. apahkah dalam Indonesia bisnis waralaba membantu perekonomian Indonesia? Terimakasih.

    Nama : Wisely
    NIM : 325100064
    Kelas : CX

    BalasHapus
  2. bu,bagaimana cara yang dilakukan oleh University of Louisville, untuk membantu memimpin Amerika keluar dari krisis ekonomi dengan menggunakan waralaba itu? terima kasih.
    Nama : Yetmiaty
    NIM : 205110140
    Kelas : K

    BalasHapus
  3. Memang tidak dapat dipungkiri, bisnis franchise memang sangat menggiurkan. Membeli nama dan sistem dari perusahaan yang bisnisnya bagus itu sangat memanjakan franchisee. Franchisee dapat menikmati profit dari penjualan yang baik karena bisnis dan sistemnya sudah terkenal (contoh KFC). Tetapi, kelemahan dari bisnis franchise ini adalah biaya yang sangat mahal. Untuk membeli franchise yang bagus minimal harus memiliki dana sebesar 1 milyar, belum ditambah dengan membeli tanah, akomodasi serta dekorasi. Sehingga tidak semua orang dapat membeli franchise karena keterbatasan dana.

    Wilson Wijaya
    125100541
    CX

    BalasHapus
  4. Ada tulisan seperti ini diatas:
    " Bisnis dibangun di sekitar konsep yang unik atau tidak biasa."
    Apakah hal ini justru bukannya menghambat franchise? dengan karena konsep unik dan tidak biasa terkadang dipandang customer buruk. Tidak dipercaya oleh customer. Bagaimana pendapat ibu?
    Terus ada juga tulisan:
    "Bisnis yang mudah diduplikasikan"
    itu maksudnya apa ya? apakah maksudnya bisnis tersebut juga memiliki franchise dengan merk lain? Atau bisnis tersebut mampu membangun cabang di tempat lain karena ditanggapi dengan baik oleh customer?

    terima kasih

    Reynaldi Halim
    CX
    125100484

    BalasHapus
  5. Thanks ya sob udah share , blog ini sangat bermanfaat sekali ..............




    link yang ditanam : agen tiket murah

    BalasHapus
  6. Salam kenal dari manajemen www.franchisepedia.id, disini kami hanya ingin menawarkan bagi anda yang mempunya poduk franchise dan ingin masuk dalam listing kami silakan hububngi kami via email,

    Hormat Kami
    Francisepedia.id

    BalasHapus