Powered By Blogger

Jumat, 09 Maret 2012

KELAYAKAN BISNIS


PENDAHULUAN

        Seperti yang telah dipelajari, para wirausahawan tidak kekurangan kreativitas dan melakukan beberapa inovasi. Tetapi, kesuksesan usaha membutuhkan lebih daripada sekadar ide baru yang bagus.  Jika para wirausahawan sudah mengembangkan suatu ide bisnis, langkah berikutnya adalah melakukan analisis kelayakan untuk menentukan apakah mereka dapat mengubah ide tersebut menjadi usaha yang dapat bertahan
       Analisis Kelayakan
                Definisi  : proses menentukan apakah ide seorang wirausahawan merupakan dasar yang dapat bertahan untuk membentuk suatu usaha yang sukses.
                Tujuan : untuk menentukan apakah suatu ide bisnis layak diwujudkan atau tidak.  
Tiga komponen analisis kelayakan :
       Analisis kelayakan industri dan pasar
       Analisis kelayakan produk atau jasa
       Analisis kelayakan keuangan

                                               
Analisis kelayakan industri dan pasar
                Terdapat salah satu alat yang dapat berguna untuk menganalisis daya tarik suatu industri yaitu dengan menggunakan model lima kekeuatan yang dikembangkan oleh Michael Porter dari Harvard Business School
Model lima kekuatan antara lain :
       Persaingan antar perusahaan yang bersaing dalam industri yang sama
       Daya tawar pemasok industri
       Daya tawar para pembeli
       Ancaman masuknya pemain baru ke dalam industri yang sama
       Ancaman substitusi produk atau jasa


Analisis kelayakan produk barang atau jasa
       Menentukan daya tarik ide suatu produk atau jasa bagi para calon pelanggan dan mengidentifikasi berbagai sumber daya yang dibutuhkan untuk menghasilkan produk atau jasa tersebut.
       Terdapat alat yang digunakan untuk menganalisis kelayakan produk atau jasa yaitu dengan penelitian primer dan sekunder.
Penelitian primer
       Definisi : informasi yang dikumpulkan para wirausahawan secara langsung dan untuk dianalisis lebih lanjut
       Dapat dilakukan dengan survei atau kuesioner pelanggan 
Penelitian sekunder
       Definisi : informasi yang telah dikumpulkan pihak lain dan yang tersedia untuk digunakan, sering kali dengan membayar biaya yang sangat wajar atau bahkan tanpa biaya
       Penelitian sekunder ini dapat dilakukan dari majalah atau artikel-artikel, dan data lokal

Analisis kelayakan keuangan
                Setelah melalui dua analisis, selanjutnya seorang wirausahawan harus melalui analisis kelayakan keuangan jika ingin membentuk rencana bisnis yang berhasil baik.
Ada tiga elemen utama dalam analisis keuangan :
       Kebutuhan modal
       Perkiraan pendapatan
       Pengembalian atas investasi

8 komentar:

  1. menurut saya, kreatif dan inovatif adalah karakteristik seseorang yang tertanam kuat dalam diri seorang wirausaha sejati. Bisnis yang tidak dilandasi upaya kreatif dan inovatif dari sang wirausaha biasanya tidak dapat berkembang abadi.
    agar usaha tersebut berjalan lancar perlu dilakukan analisis terhadap beberapa aspek agar pengusaha mendapat ide yg lebih baik dalam mengembangkan usahanya

    Triana Rosy
    K
    125110699

    BalasHapus
  2. Bu Rodhiah, saya mau bertanya, bagaimana cara untuk melakukan analisis pasar yg baik dgn biaya yg relatif rendah tetapi bs mendapatkan hasil yg cukup akurat, sehingga bisnis yg akan dilakukan dpt berjalan dgn baik?

    Clara Alverina
    K
    125090712

    BalasHapus
  3. menurut saya dalam analisis produk barang maupun jasa lebih mudah kalau kita memasarkan produk yang sedang populer dan sangat dibutuhkan oleh setiap orang dan tentu saja ditambah sedikit inovasi dan penelitian primer maupun sekunder.
    Christian Rachmadi
    125100574
    CX

    BalasHapus
  4. bu mau tanya, kalo utang itu seperti utang kepada bank ato semacamnya termasuk elemen analisis keuangan bukan bu, dalam hal pengembalian atas investasi? terima kasih,.

    Nama : Wisely
    NIM :325100064
    Kelas : CX

    BalasHapus
  5. bu menurut saya dalam menganalisis keuangan yang baik kita memerlukan pengujian seperti pengujian daya tarik industri pasar(realitas yang terjadi), kekuatan kelemahan perusahaan(aspek kompetitif) dan perusahaan yang memeberikan dananya perlu membuktikan bahwa mereka mampu mengembalian pinjaman tersebut,. Terimakasih

    Nama : Wisely
    NIM : 325100064
    Kelas : CX

    BalasHapus
  6. Pada pendahuluan di atas dituliskan bahwa analisis kelayakan dilakukan untuk menentukan apakah mereka dapat mengubah ide tersebut menjadi usaha yang dapat bertahan.
    menurut saya, agar dapat bertahan, usaha tersebut harus menjaga nama baik (Goodwill) serta menjaga Quality Control dari produk tersebut agar pelanggan tidak kecewa.

    Wilson Wijaya
    125100541
    CX

    BalasHapus
  7. Mau tanya yang tertulis di analisa keuangan, disitu tertulis:
    " Setelah melalui dua analisis, selanjutnya seorang wirausahawan harus melalui analisis kelayakan keuangan jika ingin membentuk rencana bisnis yang berhasil baik."
    Yang saya mau tanyakan, apa analisa keuangan itu selalu merupakan tahapan yang terakhir ataukah urutannya bisa diacak. Misal analisa keuangan dulu, baru produk dan pasar atau bagaimana?

    Satu lagi, saya sependapat dengan buku yang ditulis oleh Sdr. Serian Wijatno, yang mengatakan bahwa ada satu lagi analisa kelayakan bisnis, yaitu kelayakan organisasi. Karena bagaimana pun produk, keuangan dan pasar mendukung, tetapi saat staf dan karyawan tidak mensupport secara positif akan tetap gagal bisnisnya. Karena secara garis besar :
    "kesuksesan diraih ketika kesempatan (opportunity) bertemu dengan kesiapan (readiness)" (kutipan dari NN)

    bagaimana pendapat ibu? terima kasih

    Reynaldi Halim
    CX
    125100484

    BalasHapus
  8. Bu Rhodiah, saya mau bertanya. Di dalam analisis kelayakan keuangan terdapat salah satu elemen yaitu pengembalian atas investasi. Nah bagaimana cara menentukan investasi yang baik, bu? apakah ada elemen-elemen nya juga? Bagaimana tepatnya cara untuk menganalisis investasi yg baik atau tidaknya itu sendiri. Terima kasih bu :)

    Sonia - 115090136- Kelas K.

    BalasHapus