Powered By Blogger

Selasa, 27 Maret 2012

BEntuk Kepemiliksn Bisnis


Bentuk bentuk kepemilikan Bisnis
Pertimbangan Awal
      Pertimbangan pajak
      Kemampuan menyelesaikan kewajiban
      Kebutuhan modal awal dan masa depan
      Pengendalian
      Kemampiuan manajerial
      Tujuan bisnis
      Rencana suksesi Manajemen
      Biaya pembentukan

Bentuk
      Perusahaan Perseorangan
Suatu bentuk usaha yang dimiliki dan dikelola oleh satu orang yang mengendalikan  semua keputusan dan menerima seluruh keuntungan dan bertanggung jawab atas seluruh hutang dan kewajibannya.

Kelebihan Perseorangan
      Bebas
      Mudah  dibentuk
      Tidak ada pembatasan hukum
      insentif laba
      Paling murah
      Mudah dihentikan
Kekurangan Perseorangan
      Tanggung jawab tak terbatas
      Keachlian dan kemampuan terbatas
      Persaan terisolasi
      Keterbatasan akses modal
      Kurangnya kesinambungan Bisnis

FIRMA
Firma suatu persekutuan dari dua orang atau lebih dengan  nama bersama, dimana tanggung jawab masing-masing tidak terbatas, sedangkan laba yang akan diperoleh dari uasaha tersebut akan dibagi besama, demikian pula jika merugi.
Kelebihan firma
      Jumlah modal relatif lebih besar dibandingak peruahaan perseorangan sehingga lebih mudah memperluas usaha
      Firma lebih miudah mendapatkan pinjaman modal karena lebih mudah memperoleh pinjaman modal kerena memiliki kemampuan financial yang besar.
      Kemampuan manajemen lebih baik karena ada pembagian tugas
Kekurangan Firma
      Keberlangsungan perusahaan tidak terjamin, karena bila salah satu anggota firma mengundurkan diri persekutuan akan bubar
      Kerugian yang ditanggung oleh salah satu anggota akan ditanggung anggota lainnya.

Perseroan Commanditer Vennotschaap (CV)

Suatu bentuk kerja sama dari dua orang atau lebih yang bersama-sama bersedia mengatur, memimpin perusahaan dan bertanggung jawab penuh dengan kekayaan pribadinya, dengan orang-orang yang memberikan pinjaman dan tidak bersedia memimpin perusahaan  serta bertanggung jawab terbatas pada kekayaan yang diikutsertakan dalam perusahaan tersebut.
Dalam CV terdapat dua sekutu aktif dan pasif. Sekutu aktif adalah sekutu yang memberikan modal uang  dan tenaga untuk keberlagsungan perusahaan. Sekutu pasif hanya menyetorkan modal saja dan tidak ikut campur dalam operasional perusahaan sehari-hari
Kelebihan CV
      Modal yang dikumpulkan lebih besar
      Struktur modal yang dimiliki lebih kuat, sehingga relatif mudah mendapat kredit
      Memiliki kemampuan manajemen yang lebih besar
      Syarat2 pendiriannya relatif mudah
Kekurangan CV
      Sebagian anggota/sekutu mempunyai tanggung jawab yang tidak terbatas
      Karena bergantung pada beberapa anggota yang memiliki tanggung tidak terbatas , maka keberkelanjutan usaha CV tidak menentu
      Bagi sekutu pimpinan, sulit untuk menarik kembali modalnya

 Perseroan Terbatas (PT)

Suatu bentuk usaha yang relatif lebih rumit dibandingkan dengan bentuk perseroan lainnya. PT adalah bentuk usaha yang secara hukum entitas yang terpisah dari pemilik-pemiliknya, modal sendiri atas saham-saham , pemiliknya memiliki bagian sebanyak saham yang dimiliki dan bertanggung jawab atas hutang-hutangnya, tanggung jawab pemilik terbatas hanya pada investasi mereka.
Menurut ketentuan pasal 1 ayat 1 UU no 40 th 2007. Perseroan terbatas adalah badan hukum yang merupakan peresekutuan Modal, didirikan berdasarkan perjanjian, melakukan kegiatan usaha dengan modal dasar yang seluruhnya terbagi dalam saham dan dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam UU ini serta peraturan pelaksanaannya  

7 komentar:

  1. bu, dalam bentuk kepemilikan bisnis kan ada yang namanya Limited Liability Company. apahkah LLC ini lebih menguntungkan dibandingkan Perseroan Terbatas? Terimakasih

    Nama : Wisely
    NIM : 325100064
    Kelas : CX

    BalasHapus
  2. bu,bagaimana jika kita ingin mengganti bentuk kepemilikan bisnis yang kita punya ( misalnya dari perseorangan menjadi CV ),apakah harus melalui prosedur yang rumit? terima kasih bu.
    Nama : James
    NIM : 125100443
    Kelas : CX

    BalasHapus
  3. bu saya mau tanya, dalam perseroan terdapat perseroan tertutup dan terbuka. perbedaan dari perseroan terbuka dan tertutup itu apa yah bu? Terimakasih

    Nama : Wisely
    NIM : 325100064
    Kelas : CX

    BalasHapus
  4. Menurut saya, pembentukan Perseroan Terbatas adalah pilihan yang terbaik, karena secara hukum entitas yang terpisah dari pemilik-pemiliknya, mempermudah seseorang dalam situasi yang terburuk. Kasusnya yaitu ketika PT tersebut bangkrut, semua aset dalam PT diberikan kepada peminjam hutang untuk melunasi semua hutang yang tidak bisa di bayar, tetapi aset/harta individu dalam PT tidak termasuk. Sehingga pemilik PT masih memiliki harta yang dapat digunakan untuk membangun bisnis lagi.

    Wilson Wijaya
    125100541
    CX

    BalasHapus
  5. Saya mau bertanya:
    Beberapa pihak menyebutkan bahwa dari bentuk usaha yang disebutkan diatas, PT merupakan yang terbaik. Sebenarnya apakah ada kelemahan dari PT itu sendiri? Apakah ibu sependapat dengan pernyataan bahwa PT adalah badan usaha yang terbaik?
    Ada lagi, apakah koperasi bukan menjadi yang terbaik? karena menurut saya, koperasi memiliki tujuan yang baik (menyejahterakan anggota dan masyarakat), kemudian juga pembagian keuntungan berdasarkan kontribusi bukan besar modal. Karena beberapa fakta menyebutkan ada banyak orang terkaya di dunia itu, memiliki bisnis dengan bentuk koperasi. Koperasi juga disebut-sebut sebagai cikal bakal badan usaha lainnya. Apakah benar itu, bu?
    terima kasih

    Reynaldi Halim
    CX
    125100484

    BalasHapus
  6. saya mau bertanya: apakah CV dan firma menggunakan akta resmi seperti PT? dan apakah modal yang ditanam dalam PT dapat diambil selain dengan cara menjual saham?
    terima kasih.

    Rachel Gefinca
    CX
    615100117

    BalasHapus
  7. wonderfull article..! I really loved reading through this article. If you are looking to open in a big city, you have the option to go for a mega store. If you are interested in this business model, then you can apply for the Patanjali franchise online. To get Patanjali franchise online, apply using the form available on the website.

    BalasHapus