Powered By Blogger

Kamis, 22 Maret 2012

Building a Powerful Marketing Plan

Membangun Rencana Pemasaran 
Pemasaran adalah Proses sosial dan manajerial dalam menciptakan dan memberikan barang yang diinginkan dan jasa kepada pelanggan.
Melibatkan semua aktivitas yang berhubungan dengan manusia dan mempertahankan pelanggan yang setia

Gerilya pemasaran strategi

Tidak konvensional, murah ,pemasaran kreatif yang memungkinkan perusahaan kecil untuk lebih menyerap dolar pemasarannya daripada saingan yang lebih besar.
Tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk menjadi efektif.
Contoh: Borsheim 


Suatu Rencana Pemasaran Gerilya

Perusahaan Melayani titik-titik pasar target tertentu .
Menentukan kebutuhan dan keinginan pelanggan melalui penelitian pasar.
Menganalisa keunggulan kompetitif perusahaan dan membangun strategi pemasaran di sekitar mereka.
Menciptakan bauran pemasaran yang memenuhi kebutuhan pelanggan dan keinginan



Penentuan Pasar Sasaran

Salah satu tujuan penelitian pasar: Tentukan target pasar perusahaan, kelompok spesifik pelanggan di antaranya perusahaan bertujuan produk atau jasa.
Strategi pemasaran harus dibangun di atas definisi yang jelas tentang target pelanggan perusahaan.
teknik pemasaran masal tidak lagi bekerja.
Penentuan Pasar Sasaran
Target pelanggan harus menyerap seluruh bisnis - barang dagangan dijual, musik , tata letak, dekorasi, dan fitur lainnya.
Tanpa gambaran yang jelas tentang target pasar, sebuah perusahaan kecil mencoba untuk mencapai hampir semua orang dan akhirnya tidak dapat menarik  satupun

Riset Pasar

Riset pasar adalah suatu cara untuk mengumpulkan informasi yang berfungsi sebagai dasar bagi rencana pemasaran.
Jangan pernah berasumsi bahwa ada pasar untuk produk perusahaan Anda atau layanan; membuktikannya!
Riset pasar tidak harus memakan waktu, rumit, atau mahal untuk menjadi berguna.
Berbasis Web riset pasar - survei online
Trend-pelacakan

Menjadi Trend-Tracker
Baca banyak publikasi saat ini beragam
Menonton top 10 acara TV
Melihat 10 film teratas
Berbicara dengan sedikitnya 150 pelanggan setahun
Bicara dengan 10 orang paling cerdas yang tahu
Dengarkan anak Anda dan teman-teman mereka
Riset Pasar
Cara Melakukan Riset Pasar:
Tentukan tujuan.
Kumpulkan data.
Individual (satu-ke-satu) pemasaran



Hubungan Pemasaran? (Customer Relationship Management)
Melibatkan mengembangkan dan mempertahankan hubungan jangka panjang dengan pelanggan sehingga mereka akan terus datang kembali untuk melakukan pembelian berulang.

 

Hubungan Pemasaran? (Customer Relationship Management)
Langkah-langkah:
Kumpulkan informasi pelanggan bermakna dan masukkan
dalam database.
Menambang database untuk mengidentifikasi "terbaik" pelanggan.
Menggunakan informasi tersebut untuk mengembangkan hubungan yang langgeng dengan "terbaik" pelanggan.
Menarik lebih banyak pelanggan yang sesuai dengan "terbaik" profil pelanggan.
Tinggal di kontak antara penjualan  dengan pelanggan .


Langkah-langkah dalam CRM
Kumpulkan informasi yang berarti pada pelanggan yang sudah ada dan kompilasi dalam database.
Menambang database untuk mengidentifikasi pelanggan perusahaan terbaik dan paling menguntungkan dan kebiasaan membeli mereka.
Menggunakan informasi tersebut untuk membangun hubungan yang langgeng dengan pelanggan.
Menarik lebih banyak pelanggan yang cocok dengan profil pelanggan perusahaan terbaik.


Gerilya Pemasaran Strategi
Temukan ceruk dan mengisinya.
Jangan hanya menjual; menghibur.
"Entertailing"
Berusaha untuk menjadi unik.
Terhubung dengan pelanggan pada tingkat emosional.
Membangun kepercayaan
Mendefinisikan proposisi penjualan yang unik (USP)
Unique Selling Proposition
Keuntungan utama pelanggan dari suatu produk yang membedakannya dari kompetisi.
Jawaban pertanyaan pelanggan utama: "Apa untungnya bagi saya"
Pertimbangkan manfaat tak berwujud atau psikologis maupun yang nyata.
Berkomunikasi USP Anda kepada pelanggan Anda sering.


Gerilya Pemasaran Strategi
Buat identitas untuk bisnis Anda melalui branding.
Mulai blog.
Fokus pada pelanggan.



Fokus pada Nasabah
Fokus pada Nasabah
Memperlakukan pelanggan biasa saja atau buruk biaya perusahaan rata-rata dari 15% persen sampai 30 persen dari penjualan kotor!
Mengganti pelanggan yang hilang adalah mahal, biaya tujuh sampai sembilan kali lebih banyak untuk menarik pelanggan baru seperti halnya untuk menjual ke yang sudah ada!
Sekitar 70 persen dari penjualan perusahaan berasal dari pelanggan yang sudah ada.
Karena 20 persen pelanggan perusahaan khas mencapai sekitar 80 persen dari penjualan, tidak ada bisnis mampu untuk mengasingkan pelanggan terbaik dan paling menguntungkan dan bertahan hidup!
Perusahaan yang berhasil mempertahankan pelanggan mereka terus-menerus bertanya pada diri sendiri (dan pelanggan mereka) empat pertanyaan:
1. Apa yang kita lakukan benar?
2. Bagaimana kita bisa melakukannya lebih baik?
3. Apa yang kita lakukan salah?
4. Apa yang bisa kita lakukan di masa depan?

Gerilya Pemasaran Strategi
 
Fokus kepada Kualitas
Studi: 60 persen pelanggan yang mengubah pemasok melakukannya karena masalah dengan produk perusahaan atau jasa.
Perusahaan kelas dunia memperlakukan kualitas sebagai tujuan strategis, merupakan bagian integral dari budaya perusahaan.
Filosofi dari Total Quality Management (TQM):
Kualitas dalam produk atau layanan itu sendiri.
Kualitas dalam setiap aspek bisnis dan hubungannya dengan pelanggan.
Terus ditingkatkan dalam kualitas.
Bagaimana Amerika Tentukan Kualitas Produk itu?
Keandalan (waktu rata-rata antara kerusakan)
Daya Tahan (berapa lama item berlangsung)
Mudah digunakan
Diketahui atau dipercaya merek
Rendah harga
Bagaimana Amerika Tentukan Kualitas Layanan?
Tangibles (peralatan, fasilitas, orang)
Keandalan (melakukan apa yang Anda katakan akan Anda lakukan)
Responsiveness (ketepatan dalam membantu pelanggan)
Jaminan dan empati (menyampaikan sikap peduli)

Perhatian terhadap Kenyamanan
Apakah bisnis Anda yang berlokasi di dekat pelanggan?
Apakah jam kerja Anda cocok untuk pelanggan Anda?
Apakah pelanggan menghargai pickup dan jasa pengiriman?
Apakah Anda membuat mudah bagi pelanggan untuk membeli secara kredit atau dengan kartu kredit?
 
 Perhatian terhadap Kenyamanan
Apakah karyawan Anda dilatih untuk menangani transaksi bisnis cepat, efisien, dan sopan?
Apakah perusahaan Anda menawarkan "figuran" yang akan membuat hidup pelanggan lebih mudah?
Dapatkah Anda bundel produk yang ada untuk membuatnya lebih mudah bagi pelanggan untuk menggunakannya?
Dapatkah Anda menyesuaikan produk yang ada untuk membuat mereka lebih nyaman bagi pelanggan?
Apakah perusahaan Anda menangani panggilan telepon dengan cepat dan efisien?

Konsentrasi pada Inovasi
Inovasi
Kunci kesuksesan masa depan.
Salah satu kekuatan terbesar dari pengusaha. Ini muncul dalam produk baru, teknik, dan pendekatan yang tidak biasa mereka memperkenalkan.
Pengusaha sering membuat produk dan layanan baru dengan memfokuskan upaya mereka pada satu area dan dengan menggunakan ukuran dan fleksibilitas untuk keuntungan mereka.


Gerilya Pemasaran Strategi
Dedikasi untuk Layanan
Mendengarkan pelanggan.
Mendefinisikan "layanan yang unggul."
Menetapkan standar dan mengukur kinerja.
Periksa layanan siklus perusahaan Anda.
Mempekerjakan karyawan yang tepat.
Melatih karyawan untuk memberikan layanan yang unggul.

Dedikasi untuk Layanan
Memberdayakan karyawan untuk menawarkan layanan yang unggul.
Perlakukan karyawan dengan hormat dan menunjukkan kepada mereka betapa berharganya mereka.
Gunakan teknologi untuk menyediakan layanan yang lebih baik.
Reward layanan yang unggul.
Dukungan manajer puncak '.
Lihat layanan pelanggan sebagai sebuah investasi, bukan beban.

Penekanan pada Kecepatan
Gunakan prinsip-prinsip manajemen waktu kompresi (TCM):
Mempercepat produk baru ke pasar
Mempersingkat waktu respon pelanggan di bidang manufaktur dan pengiriman
Mengurangi waktu administrasi yang dibutuhkan untuk mengisi perintah.
Studi: Kebanyakan bisnis limbah 85-99 persen dari waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan produk atau jasa!

Penekanan pada Kecepatan
Re-insinyur proses daripada mencoba untuk melakukan hal yang sama - hanya lebih cepat.
Buat tim lintas fungsional pekerja dan memberdayakan mereka untuk menyerang dan memecahkan masalah.
Tetapkan tujuan agresif untuk produksi dan tetap berpegang pada jadwal.

Penekanan pada Kecepatan
Memikirkan kembali rantai pasokan.
Menanamkan kecepatan dalam budaya perusahaan.
Gunakan teknologi untuk menemukan jalan pintas sedapat mungkin.
Masukan internet untuk bekerja untuk Anda.
Pemasaran di Web Dunia? Lebar
Alat penting bisnis - Bahkan perusahaan terkecil dapat memasarkan produk dan layanan di seluruh dunia.
Web dapat menjadi "Equalizer Besar" dalam program pemasaran sebuah perusahaan kecil.
Pemasaran di Web Dunia? Lebar
Sekitar 70 persen perusahaan kecil memiliki Website, dua kali lipat jumlahnya pada tahun 2002.
Web strategi pemasaran harus menekankan kekuatan perusahaan kecil dan kompetensi inti.

Marketing Mix
Produk
Tempat
Harga
Promosi

Tahapan dalam Siklus Hidup Produk
 
Tahap Perkenalan
Pertumbuhan dan tahap penerimaan
Pertumbuhan dan tahap penerimaan
Kematangan dan kompetisi tahap
Pasar jenuh tahap
Produk penurunan tahap

Saluran Distribusi? Consumer Goods
Saluran Distribusi? Barang Industri





 
        

14 komentar:

  1. Bu, jadi simpulannya untuk membuat marketing suatu produk bisa berhasil harus berani tampil beda daripada marketing yang sudah ada sehingga pelanggan tertarik?

    Alvin Tanimin
    325110037
    kelas: K

    BalasHapus
  2. menurut ibu, ada gak sih kiat-kiat untuk mempertahankan hubungan jangka panjang dalam hal pemasaran suatu produk?

    Nama : Wisely
    NIM : 325100064
    Kelas : CX

    BalasHapus
  3. bu sebenarnya untuk membangun suatu usaha apakah harus benar2 menyusun strategi marketing yang terperinci? jika usahanya usaha kecil bagaimana bu?

    Nama : Reynold Andika
    NIM : 115090178
    Kelas : K

    BalasHapus
  4. terima kasih bu atas penjelasannya. rencana bisnis ini pasti akan sangat bermanfaat dan berguna di masa depan.

    Nama: James
    NIM: 125100443
    Kelas: CX

    BalasHapus
  5. Bu, saya ingin bertanya :
    1. Berapa lama waktu yang tepat untuk melakukan riset pasar? apakah lamanya tergantung dari jenis usaha yang ingin dibentuk?
    2. Bagaimana caranya Bu agar dalam siklus hidup produk, produk tidak gampang masuk dalam tahap pasar jenuh atau tahap penurunan?

    Terima Kasih

    Nama : Winda Hernita
    NIM : 125090784
    Kelas : CX

    BalasHapus
  6. menurut saya riset pasar dan hubungan baik dengan pelanggan adalah aspek terpenting untuk memasarkan suatu produk,karena kita lebih dapat menguasai keadaan&kondisi pasar untuk antisipasi terhadap segala macam perubahan.sedangkan hub baik dengan pelanggan lebih utama karena jika tidak ada pelanggan maka tidak akan ada penghasilan.Dengan demikian kita dapat bertindak lebih fleksibel dalam berbisnis.
    Christian Rachmadi
    125100574
    cx

    BalasHapus
  7. Bu, ada yang ingin saya tanyakan. Dalam Gerilya Pemasaran Strategi dikatakan bahwa kita sebaiknya terhubung dengan pelanggan pada tingkat emosional. Apa arti dari pernyataan ini yah bu?

    Terima Kasih.

    William Chandra
    125100576
    CX

    BalasHapus
  8. Terima kasih atas penjelasan ibu, penjelasan marketing plan memang sangat di butuhkan oleh pemasaran products ke masyarakat.

    Nama : krisyani
    Kelas : K
    Nim. : 625100001

    BalasHapus
  9. Bu saya mau bertanya maksud dari pemahaman pada strategi pemasaran Gerilya itu tidak konvensional, murah ,pemasaran kreatif yang memungkinkan perusahaan kecil untuk lebih menyerap dolar pemasarannya daripada saingan yang lebih besar?

    Terima kasih

    Nama: Debora Trisia
    NIM : 125090609
    Kelas: CX

    BalasHapus
  10. Penjelasan ini sangat berguna bagi saya bu, terima kasih...

    Nama: sherren
    NIM:625100054
    Kelas: K

    BalasHapus
  11. Menurut ibu cara apa yang paling efektif dalam melatih karyawan untuk menangani transaksi bisnis cepat, efisien, dan sopan?

    Nama : belinda
    Kelas : K
    Nim : 625100024

    BalasHapus
  12. selain memproduksi barang2 baru, menurut ibu untuk mengatasi kejenuhan pasar perlu melakukan apa lagi bu?

    Nama Wisely
    NIM 325100064
    Kelas CX

    BalasHapus
  13. Saya sangat setuju dengan kalimat diatas :"Mengganti pelanggan yang hilang adalah mahal, biaya tujuh sampai sembilan kali lebih banyak untuk menarik pelanggan baru seperti halnya untuk menjual ke yang sudah ada!"

    Hal tersebut sangat benar sehingga seorang entrepreneur maupun perusahaan harus memiliki CRM(Customer Relationship Management),
    sehingga perusahaan dapat mempertahankan hubungan jangka panjang dengan pelanggan lalu mereka akan terus datang kembali untuk melakukan pembelian berulang. Setia kepada produk yang kita ciptakan.

    Wilson Wijaya
    125100541
    CX

    BalasHapus
  14. ada beberapa point yang ingin saya tanyakan..
    pertama, apakah strategi pemasaran gerilya memiliki kelemahan? karena menurut saya, kemungkinan gagalnya pemasaran ini cukup besar. Dengan menggunakan biaya yang rendah, kemungkinan besar gagalnya masih ada. Apalagi di Indonesia ini banyak badan usaha yang padat modal. Kemungkinan besar, menurut saya, strategi ini hanya bisa dipakai di ruang lingkup pasar yang tidak begitu besar. Apalagi teruntuk bisnis baru. Misal: bisnis baru menggunakan strategi ini, karena memiliki sedikit modal, tapi kemungkinan hanya dipasarkan ke orang" yang dekat dan kenal saja, kalau orang yang tidak kenal belum tentu mau membelinya

    Kedua, apakah bisa terjadi tahap penurunan (decline) dalam daur hidup produk, jika seandainya produk ini tergolong sangat baik dan mendominasi pasar (pesaing tidak mampu menyaingi produk ini, baik dalam hal pemasaran sampai CRM sekalipun)?

    terima kasih

    Reynaldi Halim
    CX
    125100484

    BalasHapus